Jumat, 07 Juni 2013

Refrain - Saat Cinta Selalu Pulang


Judul Buku : Refrain - Saat Cinta Selalu Pulang
Pengarang : Winna Efendi
Penerbit : Gagas Media
Tahun terbit : 2009
Rincian : 318 halaman, 13 x 19 cm
ISBN : 979-780-326-7 

"Tidak ada persahabatan yang sempurna di dunia ini. Yang ada hanya orang-orang yang berusaha sebisa mungkin untuk mempertahankannya."

Begitulah awal sinopsis novel ini. Bener banget dan emang nyata. Gak ada persahabatan yang sempurna, apalagi abadi. 

"Ini bisa jadi sebuah kisah cinta biasa. Tentang sahabat sejak kecil, yang kemudian jatuh cinta kepada sahabatnya sendiri. Sayangnya, di setiap cerita harus ada yang terluka."

Ini yang menurut aku menarik. Ya bisa jadi aja ini kisah cinta biasa. Sahabatan dari kecil, eh ternyata pas udah gede saling suka, tapi malu buat mengakuinya. Tapi kok ditulis juga di bagian sinopsis novelnya? Berarti ini gak kisah cinta biasa dong? :))

Hal pertama yang langsung mencuri perhatian aku adalah cover novelnya. Lucu banget kan? Simpel, cuma selembar amplop biru, dan ternyata di bagian dalam amplop ini beneran ada surat! It's always been you. Aduh, ini nih baru romantis. <3

Secara keseluruhan, mungkin ini adalah salah satu cerita yang udah sering banget diangkat jadi novel. Tapi kerennya, Kak Winna bisa membawakan cerita yang udah biasa ini dengan sentuhan-sentuhan yang detail dan unik. Para karakter dalam novel ini juga kuat banget (sumpah mereka bukan Agung Hercules) dan punya ciri khas masing-masing. Alur ceritanya oke, mengalir, dan enak. Oh iya, satu lagi nih, sekali baca novel ini, pasti deh pengennya bacaaa terus sampe habis. Beneraan. ._.

Aku suka perpaduan ketiga karakter utama di novel ini. Watak mereka emang beda banget. Niki yang periang, rada bandel, dan semangat terus. Nata yang pendiam, cuek, tapi juga punya sisi lembut. Dan Anna yang cewek banget, rada grogian, tapi baik hati. Ketiga sahabat ini saling jatuh cinta. Iyaaa, saling jatuh cinta. Tapi gak baca aja deh novelnya langsung biar tau siapa yang jatuh cinta ke siapa, hihi. Aku juga suka karakter pembantu yang wataknya juga gak kalah unik dengan para karakter utama. Konfliknya yang tiba-tiba (sengaja digedein biar kaget), beneran bikin kaget dan emosi. Which is, gak nyangka aja gitu! :3

Selain tentang persahabatan, banyak banget hal-hal lain yang aku dapat dari novel ini. Seperti arti pentingnya keluarga dan juga kegigihan dalam menggapai cita-cita. Jadi, novel ini gak melulu soal cinta deh. Semuanya lengkap, dan itu yang bikin novel ini unggul dari novel-novel lainnya walaupun dengan dasar cerita yang sama.

Nah, ternyata novel ini diangkat menjadi film. Kebayang gak betapa excited-nya, apalagi pembaca-pembaca yang udah suka banget sama novel ini! *uhuk* Aku maksudnya~

Dan yang bakal meranin tokoh-tokoh di atas adalah:
  • Maudy Ayunda sebagai Niki
  • Afgansyah Reza sebagai Nata
  • Chelsea E. Islan sebagai Anna.  
Anyway, filmnya bakal diputar perdana tanggal 20 Juni di Blitzmegaplex dan 21.


Tapi sih di film katanya bakal ada sedikit perbedaan cerita dengan yang ada di novel. Kita liat aja nanti, perbedaannya bakal bikin lebih keren atau nggak. Hehe. :D Oh iya kalo mau terus update dengan info-info terbaru soal film Refrain ini, follow aja langsung di @FilmRefrain. Disini juga banyak kuis berhadiah tiket nonton filmnya lho (#akukamucintagratisan), biasanya sih buat 2 orang. Mungkin bagi yang jomblo bisa bawa temen aja kali yaa. :') 


7 komentar: